6 Cara Melacak HP Android Yang Hilang/Tercuri


Setiap orang pasti memiliki kekalaian saat menjaga barang yang mereka miliki.

Seperti contohnya kehilangan hp android.

Entah itu karena di curi atau jatuh di tempat yang tidak kita sadari. Jika hal tersebut terjadi pada anda, melacak hp android yang hilang adalah solusinya, agar hp anda bisa ditemukan kembali.


Cara Melacak Hp Android Yang Hilang

Cara melacak hp android yang hilang bisa kita lakukan dengan berbagai metode, baik menggunakan bantuan aplikasi tambahan maupun menggunakan fitur bawaan yang disediakan OS android dan Google.

Inilah keuntungan memiliki ponsel android, Google memberikan fitur yang luar biasa pada OS android untuk mengantisipasi hal buruk salah satunya jika smartphone android tersebut hilang meskipun dalam keadaan mati maupun SIM tidak aktif.


Cara mudah mencari hp android yang hilang

Untuk melacak hp android yang hilang baik itu karena jatuh ataupun dicuri orang sangat mudah, namun dengan syarat masih ada akun Google email yang nyangkut pada hp android anda dan hp tersebut masih belum di format oleh orang yang menemukan ponsel anda.

Akun Google ini nantinya akan kita manfaatkan untuk melacak hp yang hilang tersebut, dan kita juga bisa mengendalikan ponsel android tersebut dari jarak jauh. 

1. Menggunakan fitur "Find my phone"

Find my phone merupakan layanan Google yang memungkinkan anda untuk mengetahui dan menemukan ponsel android yang hilang.

Melacak hp android dengan menggunakan Find my phone adalah cara alternatif untuk menemukan hp anda, dimana selain bisa melacak lokasi hp yang hilang, anda juga bisa mengontrol dari jarak jauh seperti mengunci / lock , membunyikan nada dering ponsel, melakukan panggilan dll.

Find my phone selain untuk android juga bisa anda gunakan pada iOS iPhone. Berikut cara menggunakan Find my phone untuk semua tipe smartphone:
  • Buka tautan link berikut ini melalui browser PC / laptop anda https://myaccount.google.com/, lalu silahkan login dengan akun Google yang ada di hp android anda yang hilang.
  • Pilih menu Find your phone dan klik Get Started maka akan muncul menu baru yang menunjukkan device smartphone apa saja yang sudah pernah terkait dengan akun Google email tersebut.
  • Dari beberapa daftar device android yang ditunjukkan, pilih hp android anda yang hilang.
  • Setelah itu anda bisa bebas mengendalikan android anda dari jarak jauh, seperti mengunci, mengirim pesan, melakukan panggilan dengan harapan agar orang yang menemukan hp android tersebut mengembalikannya kepada anda.

2. Menemukan hp android dengan "Android Device Manager"

Cara melacak hp yang hilang juga bisa anda lakukan dengan menggunakan fitur bawaan pada hp android anda, yaitu dengan menggunakan Android Device Manager.

Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi android yang sengaja ditanamkan sebagai aplikasi sistem yang berguna untuk melakukan kontrol jarak jauh disaat hp anda hilang.

Cara menggunakan Android Device Manager :
  • Login ke akun Android Device Manager dengan menggunakan akun Google hp anda yang hilang melalui link ini https://www.google.com/android/devicemanager melalui browser komputer atau laptop.
  • Disitu nanti anda akan melihat daftar ponsel yang pernah terkoneksi dengan akun Google tersebut, pilih device android yang hilang.
  • Anda bisa melakukan kontrol, mulai dari membunyikan nada dering, mengunci ponsel, melakukan panggilan, dan melihat lokasi. Saran saya catat saja lokasi ponsel anda yang hilang, dan datangi lokasi tersebut untuk mengambil hp anda kembali. Jangan melakukan kontrol sms, maupun telp, agar si penemu hp tersebut tidak kabur dan mau mengembalikan smartphone anda.

3. Cara melacak android dengan "Google Maps"

Google maps selain digunakan untuk mengetahui lokasi yang anda cari, juga berfungsi untuk melacak hp android yang hilang lho.

Cara kerja Google maps ini yaitu dengan menyinkronkan data akun Google anda dan mencatat seluruh riwayat perpindahan lokasi yang di lakukan oleh hp android tersebut.

Jika sebelumnya anda pernah mengaktifkan fitur location history pada Google maps,maka beruntunglah anda, karena anda bisa melacaknya meskipun hp tersebut sekarang sudah tidak ditangan anda.

Untuk caranya bisa mengikuti langkah dibawah ini :
  • Buka Google maps melalui browser PC / Laptop, jangan lupa untuk melakukan login terlebih dahulu dengan menggunakan akun Google di smartphone yang hilang tersebut.
  • Setelah itu Google maps akan menyinkronkan data selama beberapa menit, dan melacak keberadaan hp anda secara otomatis.

4. Mencari hp android hilang dengan "Cloud Storage DropBox"

Cloud Storage DropBox merupakan layanan penyimpanan online yang bisa kita manfaatkan untuk menemukan hp yang hilang.

Dalam Cloud Storage DropBox ini memiliki fitur yang disebut dengan camera upload, dimana setiap foto yang kita ambil akan secara otomatis di upload kedalam penyimanan online akun DropBox yang kita miliki.

Kenapa ini bisa saya bilang untuk melacak hp hilang? Coba anda berpikir sejenak, jika ada seseorang yang menemukan hp anda kemungkinan besar orang tersebut pasti akan mencoba fitur kamera hp android anda.

Dan Bingooooo!!!!!

Dari situ lah kita nanti bisa mengetahui lokasi orang yang mengambil atau menemukan hp anda, dengan melihat foto-foto yang sudah diambil dan terunggah pada akun DropBox anda.

Untuk caranya ada dibawah ini :
  • Login ke akun DropBox anda melalui browser PC, ingat!!! anda juga harus menggunakan akun yang sama dengan akun yang ada di hp android anda yang hilang.
  • Setelah itu cek foto yang sudah terupload dalam penyimpanan online DropBox tersebut, jika orang yang menemukan belum melakukan aktifitas foto maka tunggu saja sampai ada foto baru yang terupload.

5. Menemukan android dengan layanan "Samsung Kendali Jarak Jauh"

Untuk cara melacak hp android yang hilang selanjutnya, anda bisa menggunakan layanan bawaan hp Samsung yaitu Find My Mobile.

Namun sayangnya layanan ini dikhususkan untuk hp merk Samsung saja, dan untuk hp merk lain belum ada fitur seperti Find My Mobile.

Fungsi utama dari Find My Mobile sendiri sebenarnya sama seperti layanan-layanan sebelumnya, yaitu memberi akses kontrol kepada kita pemiliki ponsel meskipun kondisi jarak jauh. Kita bisa melacak, membunyikan nada, mengunci, dan menghapus seluruh data ponsel.

Nah bagi anda para pengguna ponsel Samsung, mulai dari sekarang aktifkan fitur Find My Mobile untuk berjaga-jaga jika hp anda hilang.



6. Melacak dan mengendalikan hp yang hilang dengan aplikasi "Lockwatch"


Kemarin saya iseng-iseng menjelajah di Play Store, dan menemukan salah satu aplikasi yang berfungsi untuk melacak hp android yang hilang, aplikasi tersebut namanya adalah Lockwatch.

Aplikasi Lockwatch memungkinkan anda untuk bisa menemukan lokasi dimana hp tersebut hilang.

Berikut cara memakai aplikasi Lockwatch :

  • Download dulu aplikasi Lockwatch di Google Play Store.
  • Setelah itu buka aplikasinya, centang pada menu "Mengirim notifikasi ke email anda" >>>aktifkan.
  • Pada menu "email pemberitahuan", silahkan masukkan alamat email yang ada di hp android yang hilang tersebut.
  • Jika sudah memasukkan email, tunggu saja sampai ada notifikasi melalui email yang sebelumnya sudah anda masukkan tadi.
  • Aplikasi Lockwatch bisa mengetahui dan mengontrol beberapa aktifitas yang di lakukan pada ponsel yang hilang tersebut, memotret foto pelaku berulang-ulang, notifikasi saat si penemu hp mengganti SIM card di hp tersebut, merekam klik suara, mengirim sms, mengirim email dan menetapkan lokasi GPS.
Ok sobat, itu tadi adalah 6 cara melacak hp android yang hilang dengan mudah yang bisa saya ulas untuk anda.

Semoga dengan beberapa cara melacak hp yang hilang diatas bisa membantu anda untuk menemukan ponsel anda yang hilang.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.